Rabu, 28 November 2012

Hasil Diskusi Planning 2 Oktober 2012

STAKEHOLDER
Leader            : Pratiwi Indah Sari
Planning         : Nendi Dianmareta
Analisis                : Yanete Hining Z.
Desain            : Wasono Widi Atmoko
Implementation    : Willy Alga
Documentation    : Niko Bagus K.

LATAR BELAKANG

Indikasi angka kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat dan Tingkat kemacetan jalan yang semakin meningkat akibat kurangnya pengetahuan mengenai rambu-rambu lalu lintas dan kurangnya kesadaran untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. sehingga perlu Aplikasi Pengembangan Rambu-Rambu Lalu Lintas Berbasis Android dirasa sangat perlu untuk membantu para pengguna jalan karena selain memberikan informasi rambu-rambu lalu lintas.

Sebagian besar dari survai yang kami dapat user menginginkan supaya software dapat dijalankan pada handphone dan tablet maupun alat komunikasi lainnya yang menggunakan sistem operasi berbasis android karena system opersai android sekarang marak digunakan oleh kalangan masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Pemakai aplikasi ini digunakan oleh semua pemakai jalan dan kami menganjurkan pemakai aplikasi ini terutama pelajar SD dan SMP karena pada tingkat SD dan SMP merupakan tahap pengenalan awal rambu-rambu lalu lintas.

Pada saat software dan dari pemikiran kelompok kami didalam software ini terdapat materi rambu-rambu lalu lintas. Dalam materi pada aplikasi ini materi akan dikenalkan gambar rambu-rambu lalu lintas beserta artinya dalam bentuk tulisan.

Dalam survai kali ini juga software ini  menginginkan supaya selain terdapat materi rambu-rambu lalu lintas software ini juga terdapat fitur undang-undang pelanggaran karena undang-undang lalu lintas sangatlah perlu dimengerti. Setiap pelanggaran tentu terdapat undang-undang yang mengaturnya, oleh sebab itu pada aplikasi ini akan terdapat undang-undang lalu lintas agar pengguna aplikasi mengetahui sanksi atas pelanggaran yang mereka lakukan, sehingga dapat mengurangi terjadinya pelanggaran di jalan. Setelah dengan adanya materi serta undang-undang mengenai lalu lintas didalam aplikasi ini terdapat juga fitur evaluasi. Evaluasi ini dibuat sebagai tolak ukur pemahaman pengguna aplikasi mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Cara kerja aplikasi ini adalah menunjukkan gambar beserta arti dari gambar tersebut. Aplikasi ini dibuat sedemikian rupa sehingga pemakai akan mudah menggunakan dan menghafalkan rambu-rambu lalu lintas. Selain itu tampilan dari aplikasi ini akan dibuat semenarik mungkin dan user friendly sesuai dengan kebutuhan para pengguna aplikasi. Untuk mengukur pengetahuan dari pengguna setelah menggunakan aplikasi ini, maka akan ditambahkan menu untuk melalukan evaluasi.


TUJUAN
Membantu para pengguna jalan untuk mengetahui rambu-rambu lalu lintas dan diharapkan dapat memotivasi pengguna jalan untuk selalu mematuh rambu-rambu lalu lintas.

PENGGUNA
Pemakai aplikasi ini digunakan oleh semua pemakai jalan terutama pelajar SD dan SMP karena pada tingkat SD dan SMP merupakan tahap pengenalan awal rambu-rambu lalu lintas.

FITUR-FITUR APLIKASI

1. Materi rambu-rambu lalu lintas : Untuk materi akan dikenalkan gambar rambu-rambu lalu lintas beserta artinya dalam bentuk tulisan
2. Fitur undang-undang pelanggaran: Setiap pelanggaran tentu terdapat undang-undang yang mengaturnya. Oleh sebab itu pada aplikasi ini akan terdapat undang-undang lalu lintas agar pengguna aplikasi mengetahui sanksi atas pelanggaran yang mereka lakukan, sehingga dapat mengurangi terjadinya pelanggaran di jalan.
3. Evaluasi: Evaluasi ini dibuat sebagai tolak ukur pemahaman pengguna aplikasi mengenai rambu-rambu lalu lintas.

JADWAL KEGIATAN:
1. Mencari Projek untuk Proyek : minggu ke 1, Mulai 11 September 2012
2. Pengumpulan Data dan Dokumen : minggu ke 1-12 Mulai 11 September 2012 sampai selesai program
3. Analisis Kebutuhan Sistem : minggu ke 2, Mulai 18 September 2012
4. Membuat Database: minggu ke 3, Mulai 25 September 2012
5. Desain Alur Data dan Proses: minggu ke 3, Mulai 25 September 2012
6. Desain Interface: minggu ke 4-5, Mulai 2 November 2012
7. Membuat Program: minggu ke 4-10, Mulai 2 November 2012
8. Uji coba Program: minggu ke 11-12, Mulai 20 November 2012
9. Evaluasi: minggu ke 11-12, Mulai 20 November 2012
10. Dokumentasi: minggu ke 1-12, Mulai 11 September 2012 sampai selesai program









Tidak ada komentar:

Posting Komentar